Yogyakarta – Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, Sumber Daya Manusia, dan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong melaksanakan studi tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Jumat (13/10/2023).
Kegiatan Studi Tiru terkait Reformasi Birokrasi dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta dengan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Ferdy Maulana dan didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat Victor Manurung.
Seluruh rombongan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Najarudin Safaat beserta seluruh jajarannya.
Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong yang menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta beserta jajaran yang telah menerima kunjungan studi tiru ini.
Selanjutnya sambutan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang menyampaikan kebanggaan dimana Imigrasi Yogyakarta sebagai tujuan studi tiru oleh Imigrasi Sorong walaupun Imigrasi Yogyakarta belum meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Disampaikan pula sambutan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat yang menyampaikan arahannya kepada seluruh jajaran Kanim Sorong untuk dapat mengambil contoh dan pengalamannya dari Kanim Yogyakarta terkait inovasi-inovasi pelayanannya.
Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan terkait inovasi-inovasi layanan yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang diantaranya Inovasi Sepakat Karyo, Takon Karyo, Jempol Karyo, Si Mas Karyo dsb. Beberapa contoh inovasi berikut merupakan inovasi untuk pengguna layanan pengguna layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta.
Kegiatan diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta.
Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung area kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta diantaranya Ruang Sub Bagian Tata Usaha, Pelayanan Izin Tinggal, Layanan Pembuatan Paspor, Layanan Pengaduan, dan Ruangan Pengambilan Paspor.